Senin, 05 Agustus 2019

Drama PLN : Saya Pamit, Semoga Bukan Untuk Pansos Semata



Seperti halnya perasaan, PLN juga bisa lelah. Terbukti dari padamnya cinta si dia listrik di separuh Pulau Jawa. Dikutip dari detik.com, pemadaman listrik ini terjadi karena adanya gangguan pada Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) 500 kV Ungaran- Pemalang. Butuh waktu yang tidak sedikit bagi PLN untuk memperbaiki situasi supaya kembali normal. Beberapa wilayah ada tidak mendapat listrik hingga lebih dari 12 jam.

Di rumahku, di Bogor, mati listrik sudah terjadi sejak Minggu, 04 Agustus pukul 11.00 siang ( kalo nggak salah ). Listrik mulai nyala sekitar pukul 20.00 dan padam (lagi) pukul 23.30. Sampai tulisan ini saya posting, listrik di rumah belum juga nyala. Saya numpang posting di PC kantor. He-he. 

Aqu banget
Ampun deh, mati listrik kali ini gaduhnya luar biasa. Mulai dari layanan ATM yang offline dimana-mana, tidak berfungsinya sarana transportasi MRT dan KRL, sampai jaringan selular yang kompak nggak ada sinyal semua. Saya, rakyat jelata yang mampu beli kuota Telkomsel yang terkenal anti error saja kerepotan.

Itu baru soal sinyal, ada lagi yang ditakuti kalo mati listrik. Gerah + nggak ada air. Fix. Dua hal itu emang horror banget. Saya nih, semaleman nggak bisa tidur karena kepanasan, akhirnya saya buka pintu, eh setelah dibuka kamar saya malah di invasi oleh jutaan nyamuk. Kayaknya  nyamuk yang menyerang rumah saya itu nyamuk kepala rumah tangga semua karena ukurannya yang gede-gede. Untung bukan nyamuk hybrid persilangan antara  nyamuk dan badak. 

Alhasil saya dan adik-adik saya  tidurnya jadi nomaden, dari kamar pindah ke ruang tamu, pindah lagi ke dapur, pindah lagi ke kolong kompor , pada akhirnya, tempat yang sedikit-lebih-aman dari serangan nyamuk adalah kamar mama papa. Kami tidur uyel uyelan disana layaknya ikan sarden. 

Ya seperti inilah kira-kira
Kesal gara-gara kepanasan dan kenyamukan, saya tiba-tiba punya ide cemerlang, yaitu tidur di mobil. Selain anti nyamuk dan anti panas, juga bisa sambil charge handphone. Mobil papa sangat cocok untuk menjadi kandidat mobil yang akan ditiduri, pertama karena jaraknya yang paling dekat. Kedua,  mobil papa itu berjenis mobil besar yang di dalamnya luas, saking luasnya sampai bisa buka warung kopi. 

Tapi, inisiatif bobo di dalam mobil hanya jadi wacana. Setelah kami pikir-pikir lagi, karena mobil papa yang letaknya persis di depan kamar beliau jadi daripada suara mesinnya merusak kualitas tidur beliau dan tetangga jadi lebih baik kami urungkan saja. Mobil saya dan mobil abang-abang saya juga diparkir terpisah. Jadi, yah nrimo ae, hitung-hitung merasakan jadi manusia primitif.


Karena PLN ini hobi bikin surprise mati listrik tiba-tiba, dirumah nggak menyiapkan lampu emergency khusus mati lampu. Kami, keluarga Bapak Agus Proyek House hanya mengandalkan beberapa batang lilin. Tolong untuk para influencer, sesekali adakan saja giveaway genset. Jangan lipstick atau bedak melulu. Karena genset jauh lebih bermanfaat apalagi disaat genting seperti ini. 

Habis gelap terbitlah genset
Senin pagi adalah waktu paling riweuh karena adik-adik saya dan keponakan saya harus menyiapkan keberangkatan sekolahnya dengan keadaan gelap-gelapan. Karena mereka berangkat lebih awal,  jadi air untuk mandi masih ada. 

Apesnya ketika bagian saya, di pertengahan sabunan dan ingin membilas tiba-tiba AERNYA KAGAK KELUAR. Mana pake shower jadi nggak ada air tampungan sama sekali. Akhirnya yang saya lakukan adalah mengelap busa-busa dibadan dengan baju piyama yang bekas saya pake. 

Untungnya saat saya pup, closet masih bisa di flush. Jika saja tadi pagi air closet habis juga, maka terpaksa harus saya uruk pake tanah. Daripada orang serumah keracunan aroma beracun *sumpah ini jorok!*
Dengan keadaan badan licin-licin ngeselin dan hanya diterangi lampu flash handphone, saya pindah ke toilet kamar atas yang ada tampungan airnya.

Ini yang saya rasakan saat itu
Hhhh sudah cukup drama mati listriknya, sudah cukup juga saya ngakak sama cuitan hashtag #matilistrik dan #matilampulagi yang jadi trending topic di twitter. Cuitan netijen negara +62 berhasil bikin saya ngakak barbar. 

Tapi dari kejadian mati listrik ini ada hikmahnya juga. Weekend yang biasanya saya habiskan dengan membusuk streaming film dirumah, akhirnya bikin saya jadi keluar rumah dan seharian nganterin ibu negara nyari perabotan. 

Berkat mati listrik ini juga, saya menghemat 2gb kuota internet dan membuat saya rehat sejenak dari candunya gadget dan social media. Pesan saya untuk PLN, mati listriknya jangan lama-lama apalagi jika hanya untuk panjat social semata.

13 komentar:

  1. Kalo di Jakarta Barat sama kayaknya mati jam sebelas, terus nyala lagi jam 8 malam. Mati lagi jam sebelas. Nyala lagi setengah satu. Setelahnya normal. Eh, tadi siang mati lagi jam satu. Entah ini bakal sampai kapan. Saya cuma enggak betah gerahnya dan susah tidur. Kalau soal internet, udah rada terbiasa jarang mengakses. Sibukin diri baca buku.

    Yang parah mati air juga, alhasil niat mau cuci baju bakal ketunda terus entah sampai kapan ini nyalanya. Haha.

    Emang enak yak tidur di mobil? Saya entah kenapa kagak bisa karena badan susah selonjoran dan getar mesinnya bikin susah nyenyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya berarti jadwal mati listrik di daerahmu sama kaya daerah saya. Untungnya sekarang sudah nggak. Iya baca buku kalo siang nah kalo malem, maenan lilin :')

      Percayalah, getar mobil nggak ada apa-apanya dibanding dirubung nyamuk sebadan badaaaannn

      Hapus
  2. Akses tranportasi yang ikut terganggu cukup terasa pas hari H. Kebetulan posisi lagi main ke Jakarta, dan auto bingung nyari cara buat pulang karena kereta semua offline. Mau pesen gocar pun sinyalnya ga ada. Kalopun ada, tarifnya naik gila-gilaan dan ga masuk akal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar, biarpun hari minggu dimana kereta nggak seramai hari biasa tapi tetap aja banyak pihak yang dirugikan. Terus akhirnya gimana kamu pulang ?

      Hapus
  3. Baru tau kalo ikan sarden tidurnya sambil uyel-uyelan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja buka kaleng sarden, emang ada yang ikannya lagi selonjoran ?

      Hapus
  4. Pas mati lampu, pas ada selametan di kontrakan. Ya Allaah.
    Yaudah lah ya, sorenya main ajalah kondangan ke arah Bekasi.

    Hm sampe stasiun Bogor udah kaya ada pembagian sembako gratis. Orang-orang ngemper kaya mau mudik. Abis beli kartu, nunggu setengah jam di dalem KRL engga jalan-jalan. Yaudah ke Botani numpang ngadem xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selametan gelap-gelapan ? Yaampun ngebayanginnya aja udah kaya scene film jaman dolo :')

      Naah iya ni banyak cerita juga yang kejebak nggakbisa pulang gara-gara krl mati, terus akhirnya kmu pulang gimana ?

      Hapus
  5. untungnya pas kemaren mati lampu, dari jam 12 mungkin, karena lagi ada acara di luar, lalu nyala lagi jam 8, setelah sholat isya dan engga mati-mati lagi.

    tapi, karena udah sering ngerantau dan merasakan hal seperti ini, jadi biasa aja. malah seru jadinya, tidur bareng keluarga, karena kebiasaan ngerantau. hal yg kayak gini punya tempat khusus di hati.

    terimakasih PLN

    BalasHapus
  6. Musibah membawa Berkah.

    Ku juga ngerasain ini sih, yang tadinya main hp masing-masing jadi kumpul dan saling sharing. Tetangga-tetangga yang tadinya di dalem rumah akhirnya pada keluar dan saling bercanda. Nggak semuanya tentang hal buruk, kadang ada hal baik yang bisa diambil.


    #TerimaKasihPLN

    BalasHapus
  7. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif :
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus

COPYRIGHT © 2017 · PERMANA BELLA | THEME BY RUMAH ES